Konfigurasi Dynamic Routing EIGRP pada Cisco Packet Tracer

Setelah sebelumnya membahas tentang konfigurasi static route, kali ini saya akan menjelaskan cara mengkonfigurasi Router dengan dynamic routing menggunakan protokol EIGRP (Enchanced Interior Gateway Routing).

EIGRP adalah protokol propietari cisco, yang berarti protokol EIGRP ini hanya dapat digunakan pada Router Cisco. Kelebihan EIGRP adalah dapat mencari jalur alternatif sendiri apabila ada network yang down, berbeda dengan Static route yang harus dikonfigurasi secara manual oleh admin jaringan. Protokol EIGRP ini juga dapat digunakan untuk mengkonfigurasi subnet yang tidak bersebelahan / tidak urut. Protokol EIGRP juga merupakan protokol routing tingkat lanjut (advance).

Oke, langsung saja kita mulai konfigurasinya.
Buka Cisco packet tracer, dan buat topologinya terlebih dahulu. 


Topologi

Kemudian setting IP address pada masing-masing interface.
IP address Router 1
IP address Router 2
IP address Router 3
IP address Router 4


Tambahkan IP loopback di setiap router tepatnya pada Interface loopback 0. Ini berfungsi untuk memantau perangkat tersebut (routernya), apabila IP loopback yang dikonfigurasi down, maka itu menunjukan / menandakan bahwa keadaan device interface tersebut sedang down. Secara singkatnya, loopback ini berfungsi sebagai manajemen perangkat. Tetapi, IP ini tidak terhubung langsung ke jaringan secara fisik.

Konfigurasi selanjutnya, masuk ke interface loopback0 lalu setting IP nya.
IP loopback Router 1
IP loopback Router 2
IP loopback Router 3
IP loopback Router 4

Selanjutnya, kita mulai konfigurasi dynamic routing EIGRP. Saya akan memulai konfigurasinya dari Router 1.
Konfigurasi EIGRP di Router 1
- R1-Halim(config)#router eigrp 10 = Tentukan protokolnya, yaitu "EIGRP"
- R1-Halim(config-router)#network 31.31.31.0 = Masukkan IP network pada interface di router tsb. yaitu 31.31.31.0
- R1-Halim(config-router)#network 51.51.51.51 = Masukkan IP network pada interface loopbacknya, yaitu 51.51.51.51
- R1-Halim(config-router)#no auto-summary = Command ini digunakan ketika jaringan dibagi kelasnya dan bagian dari kelas yang sama tersebut berada pada device/topologi lain (tidak dalam 1 device)

Penjelasan = Disini saya memasukkan IP network 31.31.31.0 saat mengkonfigurasi EIGRP pada router 1 yang memiliki IP 31.31.31.2 nah IP lain yang berada dalam satu network yang sama yaitu IP 31.31.31.1 berada di  interface yang berbeda.. maka dari itu dibutuhkan command "no auto-summary" untuk menghemat routing table agar network 31.31.31.2 dan 31.31.31.1 tidak dipisah melalui routing table (karena kedua IP ini networknya sudah sama).
- R1-Halim(config-router)#ex = exit.

Router 1 selesai di konfigurasi, lanjutkan konfigurasi EIGRP pada router lainnya.


Konfigurasi EIGRP di Router 2


Konfigurasi EIGRP di Router 3
Konfigurasi EIGRP di Router 4

Langkah selanjutnya adalah verifikasi, cek dengan perintah "show ip route"
Verifikasi show ip route
D       52.0.0.0/8 [90/21664000] via 31.31.31.1, 00:01:08, Serial2/0
D adalah rute untuk EIGRP, 90 adalah distance administrative dari EIGRP, 21664000 merupakan METRIC ke tujuan nya. via 31.31.31.1 artinya melalui IP 31.31.31.1 yang merupakan IP tetangga dari IP 31.31.31.2 dan berada dalam 1 network yaitu 31.31.31.0

Selanjutnya, Tes PING... pastikan berhasil.
Tes PING dari Router 1

Selanjutnya ketik perintah "show cdp neighbors" untuk mengecek device sebelah yang terhubung langsung, disini device yang terhubung langsung dengan R1-Halim adalah R2-Halim menggunakan serial2/0.
show cdp neighbors

Lalu ketik perintah "sh ip eigrp neighbors" untuk mengecek IP tetangga / next hop dari R1-Halim, disini IP tetangganya adalah 31.31.31.1 yang terhubung dengan R1-Halim melalui kabel serial2/0
sh ip eigrp neighbors

Kemudian ketik perintah "sh ip eigrp traffic" untuk mengecek traffic / lalu lintas daripada routing protokol EIGRP yang baru saja dikonfigurasi.
sh ip eigrp traffic

Terakhir, ketik perintah "sh ip eigrp topology" untuk mengecek keterangan dari masing-masing IP yang telah dikonfigurasi dengan protokol EIGRP pada topologi tadi.

sh ip eigrp topology

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan. Sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya. Semoga berhasil dan semoga ilmunya dapat bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak, saran maupun kritik yang membangun di kolom komentar. Regards..

By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment