Konfigurasi Standard Access Lists pada Cisco Packet Tracer

Postingan kali ini masih akan membahas seputar konfigurasi pada Router Cisco. Kali ini, saya akan menjelaskan tentang konfigurasi Standard Access Lists yang berfungsi untuk menentukan apakah sebuah paket bisa diterima / tidak atau sebagai filtering. Standard access list ini menggunakan filtering berdasarkan IP host maupun IP network dari source / sumber paket oleh karena itu konfigurasi dilakukan sedekat mungkin dengan destination / tujuan paket tersebut.


Oke, itulah gambaran / penjelasan awal daripada konfigurasi standard access lists. Langsung saja kita lanjut ke konfigurasi.

Pertama, tentu saja kita buat topologi kemudian kita setting IP address.
Topologi

Setting IP address Router 1
Router 1
Router 1

Setting IP address Router 2
Router 2
Router 2

Setting IP address Router 3
Router 3
Router 3

Setting IP address Server
Server

Setting IP address PC1 & PC2

PC1
PC2

Kemudian konfigurasikan Router dengan protokol EIGRP agar semua device dapat terhubung. Tambahkan terlebih dahulu IP loopback pada setiap router kemudian konfigurasi router dengan metode dynamic menggunakan protokol EIGRP. Jika belum mengetahui apa dan bagaimana konfigurasi EIGRP, kalian bisa mengunjungi postingan sebelumnya DISINI.

Setting IP loopback
Setting IP loopback Router 1
Setting IP loopback Router 2
Setting IP loopback Router 3

Konfigurasikan EIGRP
EIGRP Router 1
EIGRP Router 2
EIGRP Router 3

Setelah semua device terhubung dan konfigurasi EIGRP selesai, coba PING dari PC ke server. Pastikan reply.
PING reply

Nah setelah itu kita konfigurasi Standard access lists pada jalur router terdekat dengan server, yaitu pada R3-Halim interface gig0/0 
Standard access lists

Setelah konfigurasi access lists dilakukan, coba PING lagi ke server
PING gagal, destination host unreachable
Hasil PING adalah Destination host unreachable yang berarti pengirim paket yang networknya 10.10.10.0 telah diblokir, paket dari IP network tersebut tidak bisa diterima karena telah dilakukan filtering seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Oke, cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, jangan lupa berikan saran dan kritik yang membangun melalui kolom komentar. Regards..

By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment